Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Meninjau Pelayanan Adminduk di Kelurahan dan Liponsos Surabaya

Pada kunjungan ke Surabaya pada hari Kamis (17/03/2022), Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung pelayanan adminduk di Kelurahan Pradah Kalikendal. Prof Zudan mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh petugas OSS yang ada di kantor kelurahan dan kecamatan.

Selain itu, Prof. Zudan juga sempat mendengarkan inovasi terbaru yaitu “Radio Kampung Swargaloka” yang di putar di kantor kelurahan yang berisi informasi-informasi terkait Administrasi Kependudukan untuk para warga sembari menunggu pelayanan di Kelurahan.

Dari kelurahan, Prof. Zudan bergeser ke Liponsos (lingkungan pondok sosial) Surabaya di keputih untuk melihat pelayanan adminduk yang dilakukan di sana. Dengan didampingi Kadispendukcapil Surabaya dan Kadinsos Surabaya, Dirjen Dukcapil tersebut meninjau serta menanyakan metode yang dipakai petugas Dispendukcapil untuk mengecek data biometric dan atau pemberian identitas serta perekaman KTP-el kepada orang terlantar dan ODGJ penghuni Liponsos.

Metode yang dipakai petugas Dispendukcapil guna mendata para penghuni Liponsos salah satunya adalah dengan cek iris mata dan juga sidik jari. Apabila data penghuni tersebut di temukan, maka akan dipulangkan ke keluarga atau kerabat sesuai data yang terekam di system. Namun, apabila tidak ditemukan, akan di tracing lebih lanjut oleh petugas.

Selain itu, Prof. Zudan juga sempat berinteraksi dengan beberapa penghuni Liponsos dan memberikan semangat kepada mereka, ”Yang penting sehat. Sehat semua ya…” pesannya kepada salah satu para penghuni Liponsos setelah berinteraksi.

Prof. Zudan berharap kepada warga akan pentingnya melakukan update data kependudukan, dengan tertibnya administrasi kependudukan sangat memudahkan bagi warganya sendiri sebagai identitas diri. Dan melalui pengecekan biometric yang dilakukan di Liponsos ini, beliau berharap nantinya data kependudukan para penghuni bisa ditemukan dan akhirnya bisa dipulangkan ke keluarga maupun kerabat dirumah.