SURABAYA, 18 Juni 2025 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya kembali menunjukkan komitmennya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui program inovatif “Jebol Anduk” (Jemput Bola Layanan Administrasi Kependudukan). Pada hari Minggu (15/6), program ini sukses digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Galaxy Mall, dan berhasil melayani puluhan pengunjung mal serta warga sekitar.
Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi warga Surabaya dalam mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan (adminduk) tanpa harus datang ke kantor pusat Disdukcapil di Gedung Siola. Dengan membuka gerai layanan di lokasi strategis seperti mal, Disdukcapil secara proaktif ‘menjemput bola’, menjangkau warga di tempat mereka beraktivitas, termasuk di akhir pekan.
Program Jebol Anduk dirancang sebagai solusi atas tantangan mobilitas dan waktu yang seringkali menjadi kendala bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk mempercepat dan menyederhanakan proses birokrasi, meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan, serta mensosialisasikan layanan digital seperti Identitas Kependudukan Digital (IKD). Berbagai layanan yang disediakan mencakup aktivasi IKD, pengurusan akta kelahiran, akta kematian, dan layanan adminduk lainnya.
Proses pelayanan di booth Jebol Anduk Galaxy Mall berlangsung tertib dan efisien. Warga yang datang hanya perlu mengambil nomor antrian, kemudian menyampaikan keperluannya kepada petugas yang siap sedia. Petugas dengan sigap akan memandu setiap pemohon melalui langkah-langkah yang diperlukan hingga seluruh proses selesai dan masalah kependudukan mereka terselesaikan di tempat.
Antusiasme warga terlihat jelas dari banyaknya pemohon yang memanfaatkan layanan ini. Salah satunya adalah Bapak Jhon, seorang warga yang datang untuk melakukan aktivasi IKD. Ia memberikan apresiasi positif terhadap program ini.
“Kegiatan ini sudah berjalan dengan sangat baik, dan juga lancar,” ujar Bapak Jhon. “Harapan kedepannya program ini bisa ditingkatkan lebih baik lagi terkait apa yang bisa ditingkatkan sehingga kepengurusan administrasi publik bisa menjadi lebih mudah bagi rakyat dan masyarakat.”
Kehadiran Jebol Anduk di pusat-pusat keramaian seperti Galaxy Mall membuktikan bahwa pelayanan publik dapat diintegrasikan dengan gaya hidup masyarakat urban, menjadikannya lebih efektif, efisien, dan ramah warga. DISDUKCAPIL Surabaya berencana untuk terus menggelar program serupa di berbagai lokasi strategis lainnya di seluruh penjuru kota.
Tentang DISDUKCAPIL Surabaya: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Surabaya adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan penerbitan dokumen kependudukan bagi warga Kota Surabaya. Dengan visi untuk mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, akurat, dan mudah diakses, DISDUKCAPIL Surabaya terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (RA)