Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024

Surabaya – Tema di atas dipilih dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang kedua tahun 2023 ini.

Bertempat di Novotel Hotel & Residence, Kota Palembang, 24-26 Oktober 2023, rakornas kali ini diikuti oleh sekitar 2.000 peserta dari Disdukcapil Provinsi dan kabupaten / kota se Indonesia.

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang berkesempatan membuka langsung acara (Selasa, 24/10/23), menyampaikan bahwa selain sebagai ajang konsolidasi dan koordinasi bagi disdukcapil seluruh Indonesia, rakor ini juga sebagai apresiasi atas prestasi dan kinerja jajaran Dukcapil daerah. Hal tersebut ditunjukkan dengan diberikannya Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik.

Pada kesempatan kali ini, Disdukcapil Surabaya meraih Disdukcapil Awards pada kategori Kota dengan Jumlah Penduduk Besar, dengan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan 1 unit sepeda motor Vixion. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya, Eddy Christijanto.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Walikota Surabaya yang telah memberikan motivasi dan kesempatan kepada Disdukcapil untuk berinovasi. Juga terima kasih kepada Camat, Lurah dan seluruh staf Disdukcapil baik yang di siola, kecamatan dan kelurahan, ini semua hasil kerja keras mereka semuanya. Dan saya minta ini bukan tujuan kita, tapi awal bagi kita untuk meningkatkan kinerja dan melayani masyarakat Surabaya dengan lebih baik. Terimakasih Untuk tetap Semangat untuk Surabaya Hebat dengan Humanis berintegritas.” tegas Eddy Christijanto selaku Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya. 

Dengan penghargaan ini semoga dapat meningkatkan kinerja serta inovasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kota Surabaya dalam melayani masyarakat Kota Surabaya.

kontributor oleh Atha Aurynnia, Intan Ningtyas, dan Antonius R.