INOVASI LONTONG BALAP TURUT BERPARTISIPASI DALAM KOVABLIK JATIM 2022

Kegiatan presentasi dan wawancara KOVABLIK JATIM 2022 dilakukan oleh bapak Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dengan didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi , Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hakim Pengadilan Negeri Surabaya serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.  Salah satu inovasi yang dikembangkan ialah program layanan online terpadu One Gate System (Lontong Balap”. KOVABLIK JATIM 2022 mengenai inovasi “Lontong Balap” menjadi bukti baiknya pelayanan di kota pahlawan yang merupakan kolaborasi antara Disdukcapil Surabaya dan Pengadilan Negeri Surabaya melalui video conference Zoom Meeting.

Pemkot Surabaya menyatakan inovasi lontong balap dilakukan untuk kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan di dua instansi yang berbeda. Inovasi lontong balap digunakan untuk mengurus dokumen perubahan nama akta kelahiran, akta perceraian, akta kematian, perubahan status anak dan lainnya yang hubungannya dengan Pengadilan Negeri Surabaya.  Sebelum adanya inovasi tersebut, kegiatan perubahan elemen adminduk dilakukan di Pengadilan Negeri Kota Surabaya yang kemudian dilanjutkan ke Dispendukcapil Kota Surabaya. Namun, sekarang masyarakat sudah dapat menikmati layanan yang begitu memudahkan proses tersebut.

Prof. Jusuf Irianto, Ketua Tim Juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Provinsi Jawa Timur, turut memberikan apresiasi bagaimana Pemkot Surabaya dengan seluruh inovasi pelayanan terbaik untuk masyarakat Surabaya. “Saya salut dan ini sangat luar biasa. Jadi inisiatif ini, kita harapkan bisa terus berjalan sambil  terus diperbaiki dan diakomodir dalam bidang kependudukan. Sebab, keberlanjutan menjadi poin dalam inovasi, yakni melakukan perbaikan dan menciptakan sesuatu yang baru,” pungkasnya. Diharapkan dengan adanya inovasi dari pemkot Surabaya, maka masyarakat dapat melaksanakan tertib administrasi kependudukan.