KatePay: Anak Belajar Transaksi Digital, Orang Tua Dapat Pantau Pengeluaran Harian Anak

Surabaya – KatePay merupakan inovasi baru dari Pemerintah Kota Surabaya kerja sama dengan Bank Jatim untuk menjadikan KIA sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan oleh anak berumur 0-16 tahun di seluruh Indonesia. Sebagai pemanfaatannya, KatePay berfungsi sama dengan uang elektronik sehingga dapat digunakan di beberapa gerai yang telah bekerjasama. Program ini pertama kali diresmikan langsung oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Kepala Disdukcapil Surabaya Agus Imam Sonhaji, Jajaran Dewan Legislatif, Bank Jatim, Perwakilan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14 Juni 2022 di SMPN 42 Surabaya dan dibarengi oleh SDN Asemrowo 1 Surabaya.

Latar belakang adanya inovasi KatePay ini adalah untuk mempermudah siswa membeli makanan/minuman di kantin dengan pemantauan secara langsung dari orang tua. Cara penggunaannya, orang tua dapat mengunggah aplikasi KatePay di PlayStore (khusus Android) serta melakukan registrasi akun, apabila akun telah terdaftar maka anak-anak tinggal menunjukkan KatePay/KIA ke petugas kantin sekolah atau gerai-gerai yang telah bekerjasama kemudian petugas akan membuka aplikasi KatePay pada gawai masing-masing. Transaksi tersebut akan tercatat dan terintegrasi pada gawai yang tersambung dengan KIA sehingga pemasukan dan pengeluaran terpantau oleh sistem. Dengan demikian, aplikasi KIA disarankan dipegang oleh orang tua agar dapat memantau transaksi anak sekaligus melakukan pengisian saldo.  Bagi yang belum memiliki KIA/KatePay dapat mengurus di sekolahan atau kelurahan domisili dan kartu fisiknya dapat diambil di kelurahan.

Selain dapat digunakan di kantin sekolah dan mitra, KatePay juga dapat digunakan untuk naik Suroboyo Bus dengan diskon 50% sehingga anak cukup membayar Rp 2.500,00 saja. Cara pengisian saldo-nya pun cukup mudah, dapat dilakukan pada gerai, kantin sekolah, J-connect Mobile Bank Jatim, atau di seluruh ATM.

“Jadi NIK yang terdapat pada KIA dijadikan Virtual Account untuk melakukan pembayaran dimana saja, jadi misalkan akan top-up saldo KatePay bisa melalui m-banking dan akan terupdate secara otomatis. Atau dapat top-up di kantin sekolah dengan meminta tolong isikan petugas kantin. Selain itu, orang tua dapat menentukan limit saldo harian KatePay anak” ujar Kepala Sub-Bagian Keuangan Disdukcapil Surabaya, Citra Anggita Wardanti pada program podcast Disdukcapil Surabaya.

Citra menambahkan, apabila kartu KatePay hilang saldo tetap aman karena tersimpan di aplikasi KatePay sehingga hanya perlu mengajukan ganti kartu di kelurahan. Selain itu, apabila kartu hilang tidak perlu khawatir disalahgunakan orang lain karena untuk menggunakannya perlu memasukkan PIN. Kesimpulannya, pemanfaatan KatePay ini mirip dengan kartu ATM.

Berikut daftar gerai yang telah bekerjasama dengan KatePay:

  1. Toko Buku Diskon TOGAMAS
  2. Toko Buku dan Alat Tulis Makadata
  3. Darbe Café
  4. Penyetan Cok dan Bebek Semangat
  5. Suteki
  6. GURI Ramen
  7. House of WOK
  8. Igor’s Pastry
  9. Kakkk, Ayam Geprek!!!
  10. Urban Wagyu Steakhouse
  11. Jamu IBOE
  12. Apollo Gadget Store
  13. Lynford Barbershop
  14. Ria Indonesian Restaurant
  15. Suzanna Corner
  16. VANOA FnB
  17. Kebun Binatang Surabaya
  18. Suroboyo Bus
  19. Pantai Ria Kenjeran