Inovasi Pelayanan “All in One” Disdukcapil Surabaya untuk Mempermudah Masyarakat Mengurus Adminduk

Surabaya – Meneruskan kesuksesan inovasi “6 in 1” yang mendapatkan anugerah top 40 dari kemenPAN pada tahun 2018, Pemerintah Kota Surabaya mengembangkan layanan “all in one”. Awalnya, terdapat 6 layanan yang diwadahi pada e-Lampid: akta kematian, akta kelahiran, pindah datang, pindah keluar, akta perkawinan, dan akta perceraian.

Dengan adanya inovasi layanan “6 in 1” warga yang mengajukan permohonan akta kelahiran bagi bayi baru lahir akan mendapatkan akta kelahiran sang bayi sekaligus mendapatkan produk KK baru tanpa harus mengajukan permohonan tersendiri, istilah popularnya adalah layanan paket hemat, hemat waktu serta biaya karena tentunya gratis.

Sesuai dengan perkembangan zaman, ekspektasi warga terhadap kualitas layanan kependudukan makin tinggi. Sehingga diperlukan peningkatan layanan dengan memperluas jenis layanan yang dapat diberikan. Dengan semangat untuk mensejahterakan masyarakat, Pada tahun 2020  konsep “six in one” ditingkatkan menajadi konsep All in One dengan nama Klampid yang memiliki 44 jenis layanan. Klampid adalah platform website yang disediakan untuk melakukan beberapa layanan permohonan oleh Disdukcapil Surabaya.

Penggunaan website Klampid memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan hanya dengan mengoperasikan gadget serta mempermudah masyarakat untuk dapat mengajukan adminduk dan juga mempersingkat waktu pengajuan. Masyarakat kota Surabaya bisa mengakses Layanan KLAMPID melalui website https://klampid-dispendukcapil.surabaya.go.id/. Seluruh dokumen kependudukan terkecuali KTP, masyarakat dapat secara mandiri apabila permohonan yang diajukan melalui aplikasi KLAMPID dinyatakan benar.

Menyambut program Dukcapil Go Digital 4.0, pada tahun 2022 Disdukcapil kota Surabaya kembali mengembangkan Klampid menjadi aplikasi Klampid New Generation (KNG). Fitur utama aplikasi KNG terdiri dari pengajuan permohonan layanan administrasi kependudukan (adminduk) dilengkapi dengan chatbot dengan tokoh virtual Cak Takon untuk meminimalisir kesalahan dalam proses pengajuan, informasi atas persyaratan yang dibutuhkan, permohonan tepat waktu menggunakan QR Code, pengembalian kepada pemohon untuk melengkapi berkas permohonan serta keuntungan lainnya adalah tampilan yang lebih menarik dapat memudahkan pemohon memilih layanan permohonan. Aplikasi KNG saat ini tersedia di playstore pada gadget berbasis android.

Inovasi KNG menambahkan layanan yang semula 44 jenis layanan menjadi 61 jenis layanan, beberapa contoh layanan dasar yang tersedia diantara lain:

  • Akta Kelahiran;
  • Akta Kematian;
  • Kartu Keluarga yang terdiri dari (Pecah KK, Cetak Ulang KK, Pindah Luar Kota dari Surabaya, Perubahan Biodata);
  • Akta Perkawinan (khusus non muslim);
  • Akta Perceraian, dan lainnya.

Dampak dari kemudahan pelayanan tersebut, ditunjukkan dengan meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan. Berdasarkan survey indeks kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh Disdukcapil Surabaya, terjadi peningkatan di tahun 2020 sebesar 83.93% , di tahun 2021 sebesar 85.74%, dan di 2022 menjadi 87.36%.

KNG berjalan dengan lancar karena adanya kolaborasi antara Disdukcapil dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, kecamatan, kelurahan, serta unsur masyarakat. Pihak-pihak tersebut berperan dalam menyebarluaskan informasi penggunaan KNG.

Penyebarluasan informasi juga dilakukan melalui:

Youtube: Swargaloka Sub

Instagram: @swargaloka.sub dan @dispendukcapil.sby

Website: swargalokasurabaya.id dan dispendukcapilsurabaya.go.id

Twitter: @dispendukcapilS