Dukcapil Goes To Campus, Aktivasi IKD Diadakan di Kampus ITS 3 Hari Berturut!

Surabaya – Pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kembali digelar di ruang publik. Pekan ini, pelayanan diadakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dari tanggal 12-14 Juni 2023. Aktivasi dapat dilakukan oleh para mahasiswa, pegawai, dan dosen yang ada di lingkungan ITS.

Pada hari ketiga pelayanan (14/06/2023) rata-rata jumlah warga yang telah melakukan aktivasi mencapai +100 orang perhari. Adanya pelayanan ini disambut baik oleh warga ITS mengetahui manfaatnya dapat dirasakan jangka panjang.

“Adanya IKD ini tentunya bermanfaat banget ya apalagi untuk mahasiswa, apalagi saat ini serba digital ya jadi adanya KTP digital ini memudahkan untuk masa depan. Adanya aktivasi di ITS ini para mahasiswa bisa kuliah sambil melakukan aktivasi KTP Digital” ujar salah satu mahasiswi ITS

Manfaat IKD atau KTP digital ini mencakup banyak hal, diantaranya adalah pemanfaatan KTP yang lebih praktis dibawa kemana-mana, menghindari adanya penyalahgunaan data, menghindari hilang KTP, serta efisiensi biaya proses pembuatannya.

Selain manfaat yang dirasakan, kegunaan IKD di aplikasi nantinya akan lebih canggih karena tidak hanya berisi KTP namun terdapat identitas keluarga berupa KK. Selain itu, Disdukcapil pun sedang berupaya mengembangkan sistem untuk menyediakan data lainnya seperti NPWP, Kartu Indonesia Sehat (KIS), sertifikat vaksin, serta pengajuan pelayanan secara mandiri dan tanda tangan elektronik.

Cara aktivasinya pun sangat mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Appstore/playstore lalu isi data diri hingga melakukan swafoto atau selfie. Setelah itu, pendaftar dapat mendatangi petugas untuk pindai QR code pada aplikasi tersebut. Aktivasi pun berhasil dilakukan.

 

Lalu, tunggu apalagi Sobat Dukcapil? Yuk, segera lakukan aktivasi IKD!