Pendaftaran Program MSIB Batch 5 Disdukcapil Surabaya Resmi Dibuka!

Surabaya – Kabar gembira bagi mahasiswa, pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Surabaya resmi dibuka per 16 Juni 2023 di website resmi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Mengutip dari laman resmi Kemdikbud RI, Program MSIB menjadi wujud implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa memperoleh pembelajaran di luar kampus yang berkesan. Mahasiswa akan mendapatkan konversi SKS (s&k berlaku), pengalaman sekaligus keahlian lapangan sebagai bekal ketika mereka lulus kelak.

Pertama kali diadakan dan diresmikan pada tahun 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, program ini telah diikuti oleh puluhan ribu mahasiswa dari 700 perguruan tinggi dari seluruh 34 provinsi di Indonesia dibawah koordinasi Kemendikbudristek.

Program MSIB pun sedari awal disambut dengan sangat baik oleh sektor pemerintahan maupun swasta, dengan adanya mahasiswa magang di lingkungan pekerjaan dapat menjadi angin segar untuk menciptakan inovasi-inovasi baru, melatih iklim professionalitas untuk mahasiswa, serta mendorong kemajuan institusi.

Salah satunya ialah Disdukcapil kota Surabaya, pasca sukses mengikuti program MSIB batch 4 dengan capaian sangat baik kini Disdukcapil kembali membuka lowongan untuk batch 5. Capaian yang diraih dengan adanya mahasiswa MSIB diantara lain adalah percepatan pelayanan kepada masyarakat serta program dan inovasi baru yang bermanfaat bagi semua pihak.

Keberhasilan dari Disdukcapil Surabaya pun menjadi pemantik Unit Pelayanan Daerah (UPD) lain seperti Diskominfo, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Dinas Kesehatan Surabaya turut membuka lowongan magang MSIB. Harapannya kedepan dapat memperluas lagi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar pun berkreasi di lingkungan Pemerintah untuk turut berkontribusi memajukan kota Surabaya.

Simak syarat dan ketentuan pendaftaran program MSIB Batch 5 disini yuk: