Disdukcapil Berikan Pelayanan Mengurus Dokumen Adminduk Mudah dan Gratis!

Surabaya – Dokumen Administrasi Kependudukan (adminduk) merupakan aspek penting pada rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya selalu melakukan sosialisasi seputar pentingnya dokumen adminduk ke Instansi, Sekolah, Mal, Universitas dan bahkan tempat wisata. Tidak hanya memberikan sosialisasi kepada masyarakat saja, Disdukcapil Kota Surabaya juga memberikan sosialisasi atau In House Training bagi petugas kelurahan agar mereka memiliki nilai sikap lebih dalam melayani Masyarakat.

Saat ini Disdukcapil kota Surabaya memberikan banyak fasilitas berupa program dalam mengurus adminduk agar memudahkan masyarakat melengkapi dokumen adminduk. Beberapa program tersebut diantaranya Jebol Anduk, Ketan Kolak, Sidang Lontong Balap, Sidang Lontong Kupang, dan beberapa program lainnya. Selain program tersebut, masyarakat juga bisa mengurus dokumen adminduk melalui website Klampid New Generation (KNG).

Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai biaya dalam mengurus adminduk, karena semua pelayanan administrasi kependudukan di Surabaya gratis. Namun perlu diingat ada beberapa pelayanan berbayar seperti yang diatur dalam peraturan daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Untuk informasi lebih lanjut dan konfirmasi seputar pelayanan di Disdukcapil kota Surabaya dapat menghubungi saluran resmi kami ke nomor 031 – 99254200, twitter @dispendukcapilS, instagram pengaduan @takondukcapilsub atau instagram @dispendukcapil.sby dan @swargaloka.sub serta tiktok @swargaloka.sub

(kontributor oleh Livia Onea Cesaria)