Disdukcapil Surabaya Raih Juara Pada Lomba Peringatan Hakorda Sedunia 2023

Surabaya – Dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 (HAKORDIA), Kejaksaan Negeri Tanjung Perak mengadakan lomba film pendek atau parodi dalam pencegahan anti korupsi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Surabaya. Mengusung tema “Cegah Korupsi Melalui Tata Kelola Pemerintah yang Baik” Disdukcapil Kota Surabaya turut memeriahkan perlombaan tersebut.

Tidak hanya lomba film pendek atau parodi, lomba mewarnai, dan poster kategori SMP, juga memeriahkan rangkaian acara dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2023.

Berlatar belakang karyawan loket yang sedang kesusahan dalam kehidupan rumah tangganya, konsep dari film pendek Disdukcapil Surabaya berhasil memenangkan perlombaan dalam memperingati HAKORDIA dengan meraih gelar Juara 1. Dibantu oleh mahasiswa magang MSIB Batch 5 dari divisi Branding Development, alur cerita yang dibuat memperlihatkan setiap adanya kesulitan pasti ada solusi, jangan halalkan segala cara terlebih lagi dengan korupsi.

Acara puncak yang dilakukan di The Aliante Hotel & Convention Center, Malang dihadiri langsung oleh Himpunan Musyawarah Osis se-Jawa Timur (HIMO), Dinas Pendidikan se-Jawa Timur, Kejaksaan Negeri se-Jawa Timur dan tamu undangan lainnya (Selasa, 12/12/2023). Tidak hanya penyerahan juara untuk perlombaan, acara ini juga diisi dengan sosialisasi anti korupsi.

Sosialisasi dipimpin oleh Wakil Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur Dr. Dwi Setyo Budi Utomo, SH., MH, memberikan pernyataan bahwa generasi milenial sekarang harus tau bahayanya korupsi.

“Ini sangat luar biasa, karena generasi milenial ini sangat harus tau bahayanya korupsi seperti apa. Moment ini pas, karena ini adalah calon-calon pemimpin kita, generasi milenial harus bisa memahami tentang korupsi itu sendiri, sehingga nantinya saat mereka menjadi pemimpin bangsa, mereka sudah paham tentang bagaimana itu korupsi, tentang bagaimana itu kedisiplinan, kehidupan pemerintahan, kehidupan secara global yang harus mereka antisipasi kedepannya bagi pemimpin bangsa” ujarnya.

Dengan diadakannya acara ini dapat mengajarkan dan mengingatkan semua masyarakat untuk menghindari terjadinya korupsi demi keberlangsungan hidup bangsa Indonesia. 

Kontributor oleh Atha Aurynnia