Selamat Datang Peserta MSIB Batch 4

Surabaya – Sebanyak 334 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, tampak berbaris rapi memasuki gedung Balai Budaya Surabaya (Senin, 27/02/23). Mereka akan mengikuti acara pelepasan mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 4 pada Mitra Disdukcapil Surabaya yang dipimpin langsung oleh Walikota Eri Cahyadi, sembari memberikan pembekalan juga semangat kepada para mahasiswa dan mitra untuk saling bersinergi satu sama lain dalam program ini.

Perlu diketahui, Disdukcapil Surabaya telah menjadi mitra program MSIB sejak batch 3 di bulan Juli 2022. Dalam sambutannya, Kadisdukcapil Surabaya Agus Imam Sonhaji menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek telah meluncurkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dalam hal ini implementasinya dijalankan melalui delapan program yang salah satunya adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari bangku perkuliahan ke dalam dunia pekerjaan sesungguhnya.

      “Program MSIB ini untuk menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi nyata dan menciptakan tenaga kerja yang profesional”, jelas Sonhaji.

Sementara itu, Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengobarkan semangat kepada mitra khususnya kelurahan/kecamatan untuk melakukan optimalisasi peran mahasiswa untuk melakukan pelayanan dari lini terdekat dengan masyarakat, yakni balai RW. Pelayanan menggunakan aplikasi e-Klampid yang disediakan oleh Pemkot Surabaya (paperless)  sehingga masyarakat dapat terlayani sekaligus teredukasi dengan baik dan sistematis.

Eri Cahyadi berharap bahwa dengan adanya program MSIB ini dapat memperkuat pelayanan di kelurahan. Apabila terdapat masyarakat yang masih kesulitan dalam pengajuan berkas administrasi kependudukan melalui aplikasi, maka petugas pelayanan wajib untuk memberikan bimbingan diluar antrian layanan cepat agar tidak menghambat pelayanan selanjutnya. Dengan begitu, harapannya pelayanan di Kota Surabaya dapat bergerak secara sistematis dan berkelanjutan.

       “Semoga program MSIB ini bisa terus berkelanjutan”, ujar Eri Cahyadi.

Elvinka dan Khairul, peserta MSIB Batch 4 pada divisi Kalimasada terlihat antusias mengikuti program di Dispendukcapil Surabaya karena dapat merasakan terjun ke lapangan secara langsung untuk melakukan pelayanan pada masyarakat. Harapan mereka, dengan adanya program MSIB dapat mempermudah pelayanan administrasi kependudukan warga kota Surabaya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar akan mekanisme administrasi kependudukannya. (IP)