Melanjutkan Perjuangan Prof. Zudan, Yuk Kenali Dirjen Dukcapil baru, Dr. Teguh Setyabudi

Surabaya – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Rabu (15/03/2023) melantik beberapa pejabat eselon I lingkungan Kemendagri di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara No.7, Jakarta Pusat.  Salah satunya melantik Dr. Teguh Setyabudi sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri yang baru. Sementara itu, mantan Dirjen Dukcapil yang terkenal sebagai sosok yang tegas dan bersahaja ini turut dilantik sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berdasarkan Kepres Nomor 36/TPA Tahun 2023 dan Kepres Nomor 37/TPA Tahun 2023.

Pada acara pisah sambut Dirjen Dukcapil dilakukan serah terima jabatan dari Prof. Zudan Arif kepada Dr. Teguh Setyabudi diiringi oleh Doa Bersama Munggahan Puasa Ramadhan 1444 H di Kantor Ditjen Dukcapil pada siang harinya. Meski terjadi pergeseran jabatan, Prof. Zudan Arif bersedia untuk menjadi teman diskusi untuk meneruskan apa saja yang sudah dilakukan olehnya agar Dukcapil terus selalu berkembang dengan gaya performa masing-masing.

“Saya hanya berpikir yang penting-penting saja, karena memang banyak belajar dari Prof. Zudan, dan sebelumnya juga telah banyak konsultasi terkait berbagai hal. Sebab, setelah ini banyak sekali peran yang harus segera saya jalani,” tutur Teguh dilansir dari lama resmi Dukcapil Kemendagri.

Teguh pun memohon dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan pelayanan adminduk, kedukcapilan, sekaligus masyarakat untuk saling bersinergi dan berkolaborasi demi mewujudkan visi dan misi pelayanan terbaik adminduk agar dapat dirasakan oleh seluruh jajaran dan masyarakat Indonesia. Sosok Teguh pantas mengemban amanah sebagai Dirjen Dukcapil baru karena sosoknya yang berprestasi tidak hanya di dunia akademis, namun karir yang moncer bersinar sejak mahasiswa hingga berkarir sebagai ASN Kemendagri.

Memiliki segudang pengalaman professional yang telah berkeliling 34 provinsi di Indonesia untuk mengajar terkait implementasi kebijakan dan isu-isuk politik khususnya yang terkait penataan daerah dan otonomi khusus daerah menjadi bahan pertimbangan Mendagri untuk meneruskan perjuangan Dirjen Dukcapil sebelumnya. Hal lain yang menjadi poin plus  sosoknya berpengalaman di bidang hubungan masyarakat membuatnya  menjadi sosok yang easy going, cerdas, dan selalu tampil rapi membuatnya terlihat energik dalam menjalani tugas kesehariannya. Gaul dan cakap berkomunikasi menjadi aspek penting yang wajib dimiliki Dirjen Dukcapil. (ip)