Pelajari Teknik Membuat Konten Edukatif, Bekali Swargaloka dengan Pembekalan Teknik Riset Data Jurnalistik

Surabaya – Disdukcapil Kota Surabaya melalui Swargaloka rutin mengadakan pembekalan kepada mahasiswa MSIB batch 4 yang sedang menjalani masa magang pada divisi Branding Development. Pembekalan tersebut difasilitasi oleh dosen Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya sekaligus mantan jurnalis BBC, Maulana Arief, akrab disapa dengan Pak Doni. Materi yang diberikan yakni seputar media komunikasi dan teknik penulisan berita.

Mahasiswa dibekali informasi terkait media komunikasi karena selaras dengan program magang yang sedang mereka jalankan, dimana pada divisi Branding Development, mahasiswa dituntut kreatif untuk menghasilkan konten-konten pada media informasi swargaloka seperti Youtube, Instagram, Tiktok, dan TV Streaming. Mereka pun dituntun untuk dapat menghasilkan konten yang bersifat edutainment.

Pada hari ini (24/05/23) di Gedung Siola lt. 2 pembekalan diadakan dengan tema teknik riset data jurnalistik. Mahasiswa diajarkan untuk melakukan riset mendalam sebelum merancang konten dengan tujuan konten yang dihasilkan akan lebih berkualitas, akurat, dan juga mengedukasi penontonnya. Materi terdiri dari beberapa cakupan, diantaranya ada penentuan topik berita, mapping kebutuhan data (5W+1H), dan cara memperdalam (pengumpulan) data.

Sesi pembekalan diikuti oleh para mahasiswa dengan seksama, pun mereka diberi kesempatan untuk mencoba membuat analisis terkait mapping kebutuhan data (5W+1H) dengan tema administrasi kependudukan. Para mahasiswa mengangkat isu Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital ditelaah dari berbagai perspektif, diantaranya dari pihak yang dipengaruhi (masyarakat), yang memengaruhi (instansi Dukcapil), dan yang mengamati (jurnalis/wartawan). Pada akhir sesi, hasil analisis mereka dikumpulkan dan didiskusikan bersama-sama terkait keakuratan data serta teknis penulisan sesuai etika jurnalistik.