Gelar Perayaan Tahunan Hari Jadi Kota Surabaya ke-730, Surabaya Vaganza Kembali Digelar dengan Meriah Hari Ini

Surabaya – Menyambut Hari Jadi Kota Surabaya ke-730, Pemkot Surabaya menyiapkan rangkaian acara yang lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Bertajuk Surabaya Vaganza, rangkaian acara dibagi menjadi 2 (dua sesi) dimulai dari pukul 15.00 hingga 22.00 wib. Pada pukul 15.00-18.00 acara dimulai dengan Parade Bunga dan Budaya dari Tugu Pahlawan sampai Alun-Alun Surabaya dan Light Parade (Parade Lampu) dari Siola sampai Alun-Alun Surabaya.

Parade akan diramaikan dengan nuansa beraneka ragam jenis bunga dan budaya Indonesia dengan tema Puspawarni Indonesia. Puspa memiliki arti bunga, warni berarti corak atau rupa yang beraneka ragam. Maka, Puspawarni bermakna bunga yang memiliki corak yang beranekaragam. Untuk Parade Bunga dan Budaya dimeriahkan dengan pawai 19 mobil berhias bunga sembari diiringi oleh 17 komunitas budaya dan drumband, sedangkan untuk Parade Lampu dimeriahkan dengan 15 mobil hias, 7 unit Mobil Pemadam Kebakaran (PMK) diiringi 50 pelajar Surabaya, 5 (lima) komunitas, dan 2 (dua) drumband.

Demi menjaga ketertiban bersama, Dinas Perhubungan menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menutup Jalan Pahlawan di Kawasan tugu Pahlawan hingga Jalan Gubenur Suryo depan Alun-Alun Suroboyo dan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu titik penyekatan akan dilakukan selama acara berlangsung dari Jalan Tunjungan, Jalan Praban sisi barat, Jalan Tanjung Anom, Genteng Besar, Kenari, u-turn Jalan Embong Malang, u-turn Jalan Gubenur Suryo, Taman Apsari dan Kantor Pos, air mancur Alun-Alun Suroboyo, Yos Sudarsp, Kramat Gantung, dan Genteng Kali. Dilansir dari berita liputan6.com, Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Surabaya, Soe Priyo Utomo menyarankan pengengdara yang masuk Surabaya selatan untuk berbelok ke kanan arah Jalan Ngagel setelah melintas depan RSI Ahmad Yani Surabaya untuk memecah kemacetan.

Perlu dicatat bahwa Surabaya Vaganza bersifat inklusif untuk warga-warga Suroboyo yang ingin turut memeriahkan HJKS bersama keluarga dan rekannya. Jadi diharapkan untuk dapat mengikuti dengan tertib dan berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya.

Yuk, Mari Turut Memeriahkan Acara HUT Surabaya!