Kabar Gembira untuk Pengguna IOS, KTP Digital (IKD) Kini Dapat Diunduh di Appstore!

Surabaya – Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau akrab disebut KTP Digital kini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki gawai. Apabila sebelumnya IKD hanya dapat diunduh melalui playstore milik android, kini Kemendagri RI telah bekerja sama dengan pihak Apple untuk mengadakan aplikasi IKD pada iOS versi 11.0 atau lebih.

Masyarakat dapat melakukan aktivasi IKD di berbagai tempat, terdekat adalah balai RW setempat (sesuai jadwal), Kelurahan, Kecamatan, Kantor Disdukcapil Kota Surabaya (Gedung Siola lt.1), dan ruang publik seperti Mall (sesuai jadwal).

Jadwal pelayanan di balai RW setempat dapat ditanyakan langsung ke tempat, sedangkan untuk pelayanan di Mall dapat dilihat di akun media sosial Instagram @dispendukcapil_sby dan/atau @swargalokasub

Persyaratan yang dibutuhkan untuk aktivasi IKD cukup membawa gawai dan KTP fisik, pemohon dapat mengunduh aplikasi IKD terlebih dahulu dan mengisi biodata sesuai KTP lalu melakukan swafoto dengan latar belakang polos (tidak ada subjek lain).

Manfaat penggunaan IKD ini menurut Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi dapat dirasakan jangka 5-10 tahun kedepan apabila dapat dimanfaatkan dengan optimal. Masyarakat tidak perlu lagi membawa KTP-el untuk verifikasi data diri jika dibutuhkan, karena dengan membawa gawai artinya sama dengan membawa KTP (digital). Beliau menambahkan, kerja sama dari para pihak pemangku kepentingan penting dillakukan untuk memperjelas fungsi dari KTP digital beserta keamanannya.

Yuk, segera lakukan aktivasi KTP Digital kalian di tempat terdekat ya!