Kenali Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) tuk Mempermudah Cetak Dokumen Adminduk Secara Mandiri!

Surabaya – Disdukcapil kota Surabaya pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 (31/05/23) melakukan peluncuran dan uji coba mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mall Pelayanan Publik Gedung Siola lt. 1 bersama dengan Kepala Disdukcapil beserta jajarannya.

Anjungan Dukcapil Mandiri adalah inovasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersama dengan Dukcapil berupa alat yang dapat mencetak dokumen administrasi kependudukan. Apabila saat ini masyarakat akrab tuk mengambil uang tunai melalui mesin, berkas adminduk pun dapat dicetak melalui mesin ADM. Harapannya, dengan adanya ADM ini dapat membasmi rantai percaloan di lingkungan Dukcapil karena hal tersebut sangat merugikan masyarakat.

Dokumen yang dapat dicetak melalui ADM meliputi KTP-el, Kartu Keluarga, KIA, Kutipan Akta Lahir, dan Kutipan Akta Kematian. Mesin ini dapat digunakan oleh masyarakat umum di Mal Pelayanan Publik Gedung Siola lantai 1.

Masyarakat yang telah mengajukan permohonan dokumen kependudukan baik melalui pelayanan online atau pun luring akan mendapatkan email dari SIAK Pusat berupa PIN dan kode batang (QR Code), keduanya akan digunakan untuk login pada mesin ADM. Setelah melakukan login maka secara otomatis dokumen yang diajukan akan keluar dan klik tombol CETAK lalu tombol OK. Pemohon dapat menunggu hasil cetak dokumen keluar dari mesin ADM. Apabila terdapat kendala dalam mengoperasikan mesin, petugas akan siaga membantu pemohon hingga proses pengajuan selesai.

Gimana Sobat Dukcapil? Tertarik menggunakan ADM? Silahkan kunjungi Mal Pelayanan Publik untuk melakukan cetak dokumen kependudukanmu ya. Yuk, mari jadi warga taat adminduk!

#SurabayaKotaLayakAnak
#AkuMudaAkuBisa