Perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-730 di Balai Pemuda

Sugeng Ambal Warsa, Kota Surabaya!

Surabaya – Semarak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 bertepatan pada 31 Mei 2023 berlangsung di Balai Pemuda hari ini. Resepsi diawali dengan serangkaian acara seremonial adat beserta cerita riwayat singkat Kota Surabaya oleh Ketua DPRD Kota Surabaya. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang menyampaikan terkait pemulihan ekonomi di kota Surabaya pasca pandemi covid-19 yang mengalami peningkatan sebesar 6,51% diikuti dengan turunnya angka pengangguran sebesar 22,17%  dan angka kemiskinan 5,91 % di tahun 2022.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memprioritaskan pembangunan pada kesejahteraan masyarakat diantaranya melalui program padat karya dan pemberdayaan UMKM.

“Program padat karya dijalankan menggunakan aset Pemerintah Kota Surabaya, dengan memprioritaskan untuk masyarakat miskin yang belum bekerja. Hingga hari ini telah didirikan 30 rumah padat karya di 14 kecamatan sampai dengan bulan April 2023 sebanyak 2.822 warga miskin.” ujar Eri Cahyadi

Tema Hari Jadi Kota Surabaya ke-730 ini menyusung tema Surabaya Hebat dengan akronim Humanis, Efektif dan Efisien, Berakhlak, Akuntabel, dan Transparan dengan visi gotong royong menuju Surabaya menjadi kota dunia yang maju, humanis, dan berkelanjutan.

Pada akhir sambutannya, cak Eri mengingatkan warga Surabaya bahwa tantangan masa depan akan semakin besar sehingga dibutuhkan gotong royong antara seluruh elemen masyarakat dengan pemerintah untuk membangun kota Surabaya sesuai dengan tema yang diusung.

Acara selanjutnya diisi dengan sambutan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan Menteri PANRB RI, Abdullah Azwar Anas lalu dilanjutkan dengan pertunjukan seni oleh para pelaku seni asli Surabaya.