Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di PT. Taspen Surabaya

Surabaya – Pelayanan aktivasi IKD atau KTP Digital terus diadakan untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses KTP melalui smartphone. Selain diadakan di kantor pelayanan Disdukcapil seperti balai RW, kelurahan, dan Gedung Siola, pelayanan juga diadakan di ruang publik. Ruang Publik tersebut dapat ditemui di Mal, tempat wisata, kantor, sekolah/kampus, dan instansi lainnya sesuai jadwal. Adapun tujuan bukalapak aktivasi IKD di banyak tempat agar masyarakat semakin banyak memilikan pemilihan untuk melakukan aktivasi. 

Pemerintah optimis dengan percepatan pelayanan aktivasi IKD ini akan berdampak positif di masa depan mengingat saat ini digitalisasi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Dampaknya, birokrasi pemerintah pun turut beradaptasi mengikuti alur untuk mempermudah transaksi pelayanan publik dalam bentuk digital, mencegah penyalahgunaan atau kehilangan data kependudukan karena menggunakan sistem autentifikasi yang canggih, serta meningkatkan keamanan dengan menggunakan PIN dan face recognition untuk mengakses data pribadi.  Dengan demikian, data yang dimiliki oleh Pemerintah terintegrasi ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). 

Manfaat dari IKD ini diakui oleh beberapa masyarakat yang telah melakukan aktivasi, salah satunya ialah Rizal, karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang turut melakukan aktivasi di Taspen Surabaya pada hari ini (06/08/2023). Menurutnya, manfaat IKD dapat dirasakan beberapa tahun kedepan mengingat digitalisasi birokrasi akan terus dikembangkan. 

“Saya rasa IKD ini bagus karena sekarang KTP dapat diakses di handphone jadi praktis, dan kedepannya apabila dompet atau KTP ketinggalan tidak masalah, cukup membawa handphone saja” ujarnya saat diwawancara. 

Antusiasmenya terhadap IKD ini diharapkan menjadi pemantik untuk masyarakat lainnya agar segera melakukan aktivasi di tempat terdekat karena caranya sangat mudah dan praktis. Yuk, segera lakukan aktivasi IKD di tempat terdekat!