Pengumuman Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Di Mal Surabaya

Surabaya – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya kembali melaksanakan kegiatan Jebol Anduk atau Jemput Bola Administrasi Kependudukan terkait aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang tersebar ke beberapa Mal di Kota Surabaya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

IKD merupakan salah satu dari Program Inovasi Kementerian Dalam Negeri. Pemerintah Kota (Pemkot) mengembangkan IKD melalui Disdukcapil Kota Surabaya sebagai salah satu pelayanan yang memudahkan masyarakat dalam mengurus Administrasi Kependudukan. IKD disebut sebagai KTP Digital baik berupa foto maupun QR Code. Selain KTP, jika sudah memiliki Kartu Keluarga terbaru yang memiliki QR Code maka akan otomatis masuk ke dalam IKD.

Pada saat ini Pemkot dan Disdukcapil fokus melakukan program Jebol Anduk Aktivasi IKD ke Universitas dan Mal yang tersebar di Kota Surabaya. Persyaratan untuk aktivasi IKD terbilang cukup mudah yaitu pemohon wajib mengunduh aplikasi IKD di playstore untuk pengguna android dan appstore untuk pengguna ios. Kemudian pemohon mengisi data diri dan melakukan swafoto (selfie) untuk verifikasi wajah.

Jadwal layanan aktivasi IKD dalam waktu dekat berada di Mal Tunjungan Plaza pada tanggal 24 Juni 2023 dan Mal Royal Plaza pada tanggal 1, 22 dan 29 Juli 2023. Layanan aktivasi IKD dimulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut dan konfirmasi seputar pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dapat menghubungi saluran resmi Disdukcapil Kota Surabaya ke nomor 031 – 99254200, Twitter @dispendukcapilS, instagram pengaduan @takondukcapilsub  atau instagram @dispendukcapil.sby dan @swargaloka.sub serta tiktok @swargaloka.sub

(kontributor oleh Livia Onea)