Pelayanan Jebol Anduk di SLB Tunas Kasih Surabaya

pelayanan-jemput-bola

Surabaya – Administrasi Kependudukan bukan pelayanan dasar, melainkan dasar dari segala pelayanan. Dokumen adminduk meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, dimana setiap warga berhak memiliki juga mengurus dokumen adminduknya secara gratis. 

Disdukcapil Surabaya menyediakan layanan jebol anduk bagi warga rentan yang terkendala mendatangi tempat pelayanan, seperti penyandang disabilitas, ODGJ, orang terlantar, komunitas adat, dan/atau sesuai permintaan instansi/kelompok masyarakat. Disdukcapil akan mengirim tim jebol anduk untuk datang ke lokasi. Warga pun bisa mengajukan ke Kelurahan/Kecamatan, atau kantor Disdukcapil di Siola untuk pengadaan layanan di tempatnya. 

Pada (21/07/2023) tim jebol anduk berangkat ke SLB Tunas Kasih, Kec. Lakarsantri Surabaya untuk mengadakan pelayanan adminduk. Layanan ditujukan bagi para siswa penyandang disabilitas, staf pengajar, dan wali murid yang berkenan untuk melakukan perekaman KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Layanan ini disambut dengan sangat baik oleh para pengajar mengingat keterbatasan kondisi tidak memungkinkan para siswa untuk melakukan perekaman secara mandiri di kelurahan. Lurah kelurahan Jeruk, Misgiono memberikan tanggapan terhadap layanan jebol anduk ini, 

“Kami dari kelurahan Jeruk berterima kasih kepada Disdukcapil telah mau turun ke bawah untuk melakukan pelayanan kepada warga khususnya bagi mereka yang memiliki kecacatan fisik sehingga tidak perlu jauh-jauh ke kelurahan untuk melakukan perekaman. Harapannya pelayanan ini bisa meluas lagi tidak hanya disini tapi di kelurahan-kelurahan lainnya juga” pangkasnya. 

Selain di institusi pendidikan seperti sekolah umum dan SLB, Disdukcapil pun kerap mengadakan pelayanan di sektor lainnya seperti UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Surabaya yakni rutan medaeng dan lapas porong. Harapannya, masyarakat semakin taat dalam mengurus administrasi kependudukan karena Disdukcapil selalu terbuka untuk memberikan fasilitas layanan adminduk gratis.