Aktivasi IKD pada Acara Pembagian BLT Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau PT Sampoerna Tbk

Surabaya – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur menggandeng Disdukcapil se-Surabaya raya terdiri dari Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo untuk mengadakan pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di PT HM Sampoerna Tbk Rungkut 2 Surabaya. 

Adanya layanan jebol anduk aktivasi IKD ini bertepatan dengan momentum acara pembagian BLT Dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau yang diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan dibuka oleh Direktur Utama PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita. 

Layanan aktivasi IKD dibuka dari pukul 09.00 hingga pukul 15.30 kepada para karyawan yang belum memiliki IKD. Selain melakukan verifikasi QR Code, para petugas Dukcapil pun turut menjelaskan kegunaan IKD hingga membantu pengisian data diri bagi para karyawan yang mengalami kendala hingga perubahan kata sandi. 

Dengan adanya layanan jebol anduk, para karyawan merasa terbantu karena umumnya mereka adalah buruh harian yang tidak sempat waktu mendatangi kelurahan setempat. 

Selain itu, jebol anduk juga bertujuan sekaligus memberikan edukasi serta meningkatkan kesadaran warga untuk taat administrasi kependudukan. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme karyawan yang berbondong-bondong melakukan aktivasi. 

Selaras dengan pernyataan dari Staf Bagian Kependudukan DP3AK Provinsi Jatim, Anton, 

“Aktivasi IKD terbuka bagi seluruh warga Indonesia tidak hanya Surabaya raya saya, dari Banyuwangi pun boleh, hari ini yang sudah melakukan aktivasi sekitar 100 orang” pangkasnya.