Disdukcapil Surabaya dan RS Ubaya Jalin Kerja Pembuatan Akta Kelahiran dan Kematian

Surabaya – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya terus berupaya untuk memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan dari sejak lahir hingga wafat.

Upaya tersebut pun diwujudkan melalui kerja sama antara Disdukcapil dengan salah satunya RS Ubaya untuk layanan pembuatan Akta Kelahiran + Kartu Keluarga (KK) baru tambah jiwa, dan Akta Kematian.

Disdukcapil pun memberikan pelatihan kepada para petugas rekam medis RS Ubaya dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan pengenalan kepada para petugas dalam mengurus dokumen kependudukan.  Pelatihan dilakukan secara luring tepatnya pada hari Rabu, (06/09/2023).

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pelayanan administrasi di RS Ubaya dapat berjalan efisien dalam memproses Akta Kelahiran anak, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat yang memerlukannya.

Dalam beberapa waktu kedepan setiap bayi yang lahir di Rumah Sakit Surabaya, akan difasilitasi pengurusan dokumen administrasi kependudukan khususnya pada Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) baru tambah jiwa.

“Dengan adanya kerjasama antara Rumah Sakit UBAYA dengan dinas kependudukan kota Surabaya maka kami dipermudah, Rumah Sakit UBAYA dipermudah dalam hal penerbitan akta untuk kelahiran dan akte kematian, sehingga pasien – pasien yang melahirkan di Rumah Sakit UBAYA ini ketika pulang sudah bisa membawa bayinya disertai dengan akta kelahiran yang lengkap, dan itu sangat dipermudah” ujar Agnes selaku Direktur RS Ubaya.

Kerja sama antara Dispendukcapil Surabaya dan Rumah Sakit UBAYA tersebut merupakan sinergi positif dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen adminduk.

kontributor oleh Alifian Rizky