Forum Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil se-Jawa Timur

Surabaya – Pada 07-08 September 2023 diselenggarakan rapat forum Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dihadiri oleh Kepala/Perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se-Jawa Timur di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya. 

Forum pertemuan antara Kepala Disdukcapil se-Jawa Timur ini rutin digelar setiap tahun untuk membicarakan terkait kebijakan terbaru, kendala, serta progress implementasi kebijakan pada masing-masing wilayah. 

Hari pertama tepat pada tanggal 07 September, acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Forum Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2022, Agus Imam Sonhaji, dilanjutkan dengan serah terima jabatan ketua pengurus forum baru yakni Redy Kusuma, Kepala Disdukcapil Sidoarjo. 

Acara dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus pembukaan rapat forum Dukcapil se-Jawa Timur oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur menyinggung terkait kinerja Dukcapil serta tantangan yang sedang dihadapi bersama. 

Forum berlangsung dengan khidmat diiringi dengan diskusi hangat antar Disdukcapil se-Jawa Timur untuk turut bersama-sama membangun perubahan yang lebih baik atas tantangan dalam implementasi kebijakan dan pelayanan ke masyarakat. 

Hal ini diteruskan pada hari kedua forum, tepatnya 08 September membahas terkait pemanfaatan dokumen pencatatan sipil tepatnya akta kematian dengan mengundang perwakilan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur, Ibrahim Suyuti sebagai narasumber. 

Pada kesempatan tersebut, Disdukcapil se-Jawa Timur berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan serta koordinasi terkait pemanfaatan akta kematian secara prosedural dalam kaitannya dengan urusan pertanahan, karena hal tersebut juga akan berdampak pada ketepatan informasi dan pelayanan kepada masyarakat. 

Koordinasi antara BPN dengan Disdukcapil diakhiri dengan perumusan bahan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil periode 2023.