Dukcapil Surabaya Jalin Kerja Sama dengan RS Bhakti Rahayu Terbitkan Akta Kelahiran dan KK Gratis Bagi Pasien

Surabaya – Kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dengan stakeholder dari berbagai lini kerap kali dilakukan untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan. Salah satu kerja sama yang gencar dilaksanakan adalah dengan pihak Rumah Sakit.  

Kerja sama dengan banyak Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun swasta fokus pada percepatan pelayanan akta kelahiran dan akta kematian. Dimana, Disdukcapil Surabaya ingin mempermudah proses persalinan di Rumah Sakit dengan memfasilitasi pasien bersalin dibantu dengan pihak Rumah Sakit untuk mengurus dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran sang bayi sekaligus Kartu Keluarga (KK) baru tambah jiwa. 

Hal ini didukung oleh RS Bhakti Rahayu, pihaknya telah resmi menjalin kerja sama dengan Disdukcapil Surabaya sejak Kamis, 06 April 2024 lalu. Direktur RS Bhakti Rahayu, Dor Valda Aritonang mengungkapkan bahwa adanya kerjasama menjadi program yang sangat menguntungkan bagi masyarakat sekaligus pihak rumah sakit.

Wawancara dengan Direktus RS Bhakti Rahayu, Dor Valda Aritonang

“Selama ini pihak Rumah Sakit kebingungan ingin membantu pasien untuk mengurus dokumen kependudukannya, apalagi saat ada kasus mendesak yang membutuhkan NIK. Jadi saya sangat senang dan berterima kasih kepada Disdukcapil Surabaya karena kerja sama ini bisa memudahkan pasien dan pihak kami bisa membantu pasien ketika pulang dari sini sudah mendapatkan dokumen kependudukannya.” ujar Direktur RS Bhakti Rahayu yang akrab disapa dengan dokter Valda.

 Tak hanya pasien yang mendapatkan kemudahan, pihak Rumah Sakit pun diberikan akses dan pelatihan oleh petugas Dukcapil terkait prosedur pengajuan Akta Kelahiran sekaligus KK melalui platform khusus tenaga kesehatan Rumah Sakit. Dengan demikian, pihak Rumah Sakit pun dapat segera mengajukan permohonan tanpa harus menunggu lama sehingga ketika pasien pulang dapat sekaligus membawa dokumen kependudukan mereka.