Persyaratan 

  • Akta Kelahiran Bayi Baru Lahir (WNI)
  1. Surat Keterangan Lahir dari Dokter / SPTJM Kebenaran Kelahiran;
  2. Surat Nikah / Akta Kawin / SPTJM Kebenaran Suami Istri;
  3. Kartu Keluarga;
  4. KTP 2 orang saksi
  • Akta Kelahiran Bayi Baru Lahir di Luar Negeri
  1. Kutipan akta kelahiran anak dari Negara setempat;
  2. Terjemahan akta kelahiran dengan penerjemah tersumpah;
  3. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia Anak;
  4. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia Orang Tua;
  5. Surat Nikah / Akta Perkawinan Orang Tua.
  • Akta Hilang atau Rusak (Kutipan Akta)
  1. Akta Kelahiran yang rusak (jika rusak);
  2. Surat Kehilangan dari Kepolisian (Jika hilang);
  3. Fotokopi Akta Kelahiran;
  4. Kartu Keluarga / KTP Pelapor.
  • Salinan Akta Kelahiran (Kepengurusan VISA ke Luar Negeri)
  1. Kutipan akta kelahiran;
  2. Kartu Keluarga dan KTP Pemohon;
  3. Dokumen Perjalanan bagi orang asing; Surat permohonan dari perwakilan Negara yang meminta

Sistem, mekanisme dan prosedur

  • Akta Kelahiran Bayi Baru Lahir (WNI)
  1. Pemohon mengajukan permohonan pencatatan akta kelahiran secara mandiri namun dapat pula dibantu oleh kelurahan untuk mendaftarkan permohonan pencatatan akta kelahiran;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf dapat secara mandiri maupun dibantu oleh kelurahan pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pencatatan akta kelahiran;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk akta kelahiran dan KK pemohon melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa akta kelahiran dan kartu keluarga yang sudah berTTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa akta kelahiran dan kartu keluarga yang sudah berTTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa akta kelahiran dan kartu keluarga melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Akta Kelahiran Bayi Baru Lahir di Luar Negeri
  1. Pemohon mengajukan permohonan pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri pemohon melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa surat keterangan pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri yang sudah ber-TTE dari KLAMPID;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa surat keterangan pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa surat
    keterangan pelaporan peristiwa kelahiran di luar negeri melalui aplikasi KLAMPID dengan
    menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Akta Hilang atau Rusak (Kutipan Akta)
  1. Pemohon mengajukan permohonan kutipan kedua akta kelahiran secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan kutipan kedua akta kelahiran;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadappermohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk kutipan kedua akta kelahiran dan catatan pinggir pemohon melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa kutipan kedua akta kelahiran dan catatan pinggir yang sudah ber-TTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa kutipan kedua akta kelahiran dan catatan pinggir yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa kutipan
    kedua akta kelahiran dan catatan pinggir melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan
    kertas HVS A4 80gram.
  • Salinan Akta Kelahiran (Kepengurusan VISA ke Luar Negeri)
  1. Pemohon mengajukan permohonan salinan akta kelahiran;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan salinan akta kelahiran;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE 3 Mekanisme dan Prosedur
    untuk salinan akta kelahiran melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa salinan akta kelahiran yang sudah ber-TTE dari KLAMPID;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa salinan akta kelahiran yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa salinan
    akta kelahiran melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVA A4 80gram.

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.


Biaya

Tanpa dipungut biaya (Gratis)


Penanganan Pengaduan

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan dengan prosedur :
1. Datang Langsung;
Pengunjung langsung konsultasi dengan petugas
2. E-mail;
Pengunjung langsung mengirim pengaduan tertulis melalui e-mail : dis_dukcapil@surabaya.go.id
3. Call Center;
Warga dapat menghubungi melalui nomor telepon 031-99254200
4. Website;
Warga bisa langsung mengirim pengaduan tertulis melalui website di aplikasi KLAMPID – menu pengaduan online atau bisa mengakses link : https://dukcapilsapawarga-dispendukcapil.surabaya.go.id/