Persyaratan 

  • Akta Pengakuan, Pengesahan, dan Pengangkatan Anak
    1.  Akta Kelahiran (Konfirmasi dari Instansi yang mengeluarkan jika terbitan
      luar kota).
    2. Akta Perkawinan Orang Tua.
    3. Dokumen perjalanan bagi ayah / ibu Orang Asing
    4. KTP-el (apabila pemohon dan saksi memiliki data kependudukan di luar Kota
      Surabaya).
    5. Surat Pernyataan pengakuan Anak oleh Ayah Biologis disetujui Ibu Anak
      (untuk pengakuan anak).
    6. Salinan penetapan pengadilan negeri (untuk pengangkatan anak)

Sistem, mekanisme dan prosedur

  • Akta Pengakuan, Pengesahan, dan Pengangkatan Anak
    1. Pemohon mengajukan permohonan melalui petugas kecamatan.
    2. Petugas kecamatan melakukan pengecekan berkas.
    3. Petugas kecamatan melakukan pengajuan permohonan ke aplikasi e-Sulay
    4. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi
      terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi e-Sulay.
    5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap
      permohonan dengan mencatatkan di database SIAK.
    6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk
      permohonan tersebut.
    7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen
      kependudukan berupa akta dan catatan pinggir.
    8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen
      kependudukan ke aplikasi e-Sulay.
    9. Petugas Disdukcapil Kota Surabaya mengirimkan dokumen kependudukan
      berupa akta dan catatan pinggir melalui Whatsapp / email pemohon.

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.


Biaya

Tanpa dipungut biaya (Gratis)


Penanganan Pengaduan

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan dengan prosedur :
1. Datang Langsung;
Pengunjung langsung konsultasi dengan petugas
2. E-mail;
Pengunjung langsung mengirim pengaduan tertulis melalui e-mail : dis_dukcapil@surabaya.go.id
3. Call Center;
Warga dapat menghubungi melalui nomor telepon 031-99254200
4. Website;
Warga bisa langsung mengirim pengaduan tertulis melalui website di aplikasi KLAMPID – menu pengaduan online atau bisa mengakses link : https://dukcapilsapawarga-dispendukcapil.surabaya.go.id/