Persyaratan

  • Cetak Ulang KTP-el 
  1. KTP elektronik yang rusak jika cetak ulang KTP elektronik karena rusak;
  2. Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian jika cetak ulang KTP elektronik karena hilang;
  3. Kartu Keluarga dan KTP elektronik jika cetak ulang KTP elektronik karena perubahan data.
  • Penerbitan KTP-el yang Hilang di Kelurahan
  1. Surat Pernyataan Menghilangkan oleh Petugas Registrasi Kelurahan Tanpa Kop Bermaterai 6000 ;
  2. Bukti berita acara pengiriman KTP elektronik di aplikasi Takon ID

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  • Cetak Ulang KTP-el 
  1. Pemohon mengajukan permohonan cetak ulang KTP elektronik namun dapat pula dibantu oleh kecamatan untuk mendaftarkan permohonan cetak ulang KTP elektronik;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf dapat secara mandiri maupun dibantu oleh kecamatan pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan cetak ulang KTP elektronik;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mengolah data agar permohonan masuk ke dalam antrian cetak KTP elektronik;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pencetakan KTP elektronik;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya memilah dan memasukkan ke dalam antrian pengiriman;
  9. Petugas pengirim Disdukcapil Kota Surabaya megirim KTP elektronik ke kelurahan;
  10. Pemohon mengambil KTP elektronik di kelurahan dengan membawa e-kitir.
  • Penerbitan KTP-el yang Hilang di Kelurahan
  1. Petugas registrasi kelurahan menerima fisik KTP elektronik dari petugas pengirim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya
  2. Pemohon mendatangi kelurahan untuk menerima fisik KTP Elektronik dengan membawa ekitir tanda bukti pengurusan KTP elektronik
  3. Jika KTP elektronik hilang ketika sudah berada di kelurahan, maka petugas registrasi kelurahan bertanggung jawab atas hilangnya KTP elektronik tersebut dengan mengajukan cetak ulang KTP elektronik tersebut dengan dilengkapi Surat Pernyataan Menghilangkan oleh Petugas Registrasi Kelurahan Tanpa Kop Bermaterai 6000
  4. Petugas Registrasi Kelurahan mengirimkan surat pernyataan tersebut kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya
  5. Petugas Sekretariat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya akan memasukkan surat tersebut ke dalam e-surat agar didisposisi oleh Kepala Dinas
  6. Kepala Dinas memberikan disposisi untuk mencetakkan ulang KTP elektronik tersebut
  7. Petugas Registrasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya akan mencetak KTP elektronik tersebut
  8. Petugas pengirim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya akan mengirimkan kembali KTP Elektronik ke kelurahan.

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.


Biaya

Tanpa dipungut biaya (Gratis)


Penanganan Pengaduan

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan dengan prosedur :
1. Datang Langsung;
Pengunjung langsung konsultasi dengan petugas
2. E-mail;
Pengunjung langsung mengirim pengaduan tertulis melalui e-mail : dis_dukcapil@surabaya.go.id
3. Call Center;
Warga dapat menghubungi melalui nomor telepon 031-99254200
4. Website;
Warga bisa langsung mengirim pengaduan tertulis melalui website di aplikasi KLAMPID – menu pengaduan online atau bisa mengakses link : https://dukcapilsapawarga-dispendukcapil.surabaya.go.id/