Persyaratan

  • Akta Kematian Baru
  1. Surat pernyataan bermaterai yang menyatakan belum pernah melaksanakan pencatatan perkawinan di KUA maupun catatan sipil manapun
  2. Surat keterangan dari kelurahan setempat
  3. Akta Perceraian (untuk cerai hidup) atau Akta Kematian (untuk yang cerai mati)
  4. KTP dan KK Pemohon
  • Akta Kematian Hilang atau Rusak
  1. Akta Kematian yang rusak (jika rusak);
  2. Surat Kehilangan dari Kepolisian (Jika hilang);
  3. Fotokopi Akta Kematian;
  4. Kartu Keluarga / KTP Pelapor.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  • Akta Kematian Baru
  1. Pemohon mengajukan permohonan pencatatan akta kematian secara mandiri namun dapat pula dibantu oleh kelurahan untuk mendaftarkan permohonan pencatatan akta kematian;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf dapat secara mandiri maupun dibantu oleh kelurahan pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pencatatan akta kematian;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk akta kematian dan KK pemohon melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa akta kematian dan kartu keluarga yang sudah berTTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa akta kematian dan kartu keluarga yang sudah berTTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa akta kematian dan kartu keluarga melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Akta Kematian Hilang atau Rusak
  1. Pemohon mengajukan permohonan kutipan kedua akta Kematian secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan kutipan kedua akta Kematian;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk kutipan kedua akta Kematian dan catatan pinggir pemohon melalui aplikasi KLAMPID; Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa kutipan kedua akta Kematian dan catatan pinggir yang sudah ber-TTE dari SIAK;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen
    kependudukan berupa kutipan kedua akta Kematian dan catatan pinggir
    yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  9. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa kutipan
    kedua akta Kematian dan catatan pinggir melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan
    kertas HVS A4 80gram.

 


Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 


Biaya

Tanpa dipungut biaya (Gratis)


Penanganan Pengaduan

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan dengan prosedur :
1. Datang Langsung;
Pengunjung langsung konsultasi dengan petugas
2. E-mail;
Pengunjung langsung mengirim pengaduan tertulis melalui e-mail : dis_dukcapil@surabaya.go.id
3. Call Center;
Warga dapat menghubungi melalui nomor telepon 031-99254200
4. Website;
Warga bisa langsung mengirim pengaduan tertulis melalui website di aplikasi KLAMPID – menu pengaduan online atau bisa mengakses link : https://dukcapilsapawarga-dispendukcapil.surabaya.go.id/