Persyaratan 

  • Akta Perkawinan Baru
  1.  Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama atau
    penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. KK dan KTP bagi calon pemohon luar kota
  3. Pas foto pemohon berdampingan 4×6
  4. KTP-el Pemohon dan saksi (apabila pemohon dan saksi memiliki data kependudukan di luar Kota Surabaya)
  5. Surat izin menikah dari komandan (TNI/POLRI) (apabila pemohon merupakan anggota TNI/POLRI)
  6. Dispensasi dari Pengadilan Negeri (apabila pemohon berusia kurang dari 19 tahun)
  7. Paspor/ KTP OA/ SKTT dan surat tidak berhalangan menikah dari negara atau perwakilan negaranya yang sudah
    diterjemahkan oleh penerjamah tersumpah (apabila pemohon adalah orang asing)
  8. Surat Perjanjian Kawin (apabila pemohon melakukan perjanjian kawin)
  9. Akta perceraian (apabila pemohon berstatus cerai hidup)
  10. Akta kematian (apabila pemohon berstatus cerai mati)
  • Akta Perkawinan Hilang atau Rusak (Kutipan Kedua)
  1.  Akta Perkawinan yang rusak (jika rusak);
  2.  Surat Kehilangan dari Kepolisian (Jika hilang);
  3. Fotokopi Akta Perkawinan;
  4. Kartu Keluarga / KTP Pelapor.
  • Perubahan Nama pada Akta Perkawinan
  1.  Akta Perkawinan;
  2. Fotokopi salinan penetapan Pengadilan Negeri yang telah dilegalisir;
  3. Kartu Keluarga dan KTP Pemohon;
  4. Dokumen perjalanan bagi orang asing.
  • Pelaporan Peristiwa Perkawinan di Luar Negeri
  1. Akta Perkawinan dari Negara setempat
  2. Dokumen perjalanan
  3. Kartu Keluarga dan KTP Pemohon
  • Surat Keterangan Belum/Sudah/Pindah Menikah
  1. Surat pernyataan bermaterai yang menyatakan belum pernah melaksanakan pencatatan perkawinan di KUA maupun catatan sipil manapun
  2. Surat keterangan dari kelurahan setempat
  3. Akta Perceraian (untuk cerai hidup) atau Akta Kematian (untuk yang cerai mati)
  4. KTP dan KK Pemohon

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  • Akta Perkawinan Baru
  1. Pemohon mengajukan permohonan pencatatan akta perkawinan secara mandiri
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pencatatan akta perkawinan
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk pencatatan akta perkawinan pemohon melalui aplikasi KLAMPID
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa akta perkawinan yang sudah ber-TTE dari SIAK
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa akta perkawinan yang sudah
    ber-TTE ke aplikasi KLAMPID
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa akta perkawinan melalui aplikasi KLAMPID dengan
    menggunakan kertas HVS A4 80gram
  • Akta Perkawinan Hilang atau Rusak (Kutipan Kedua)
  1. Pemohon mengajukan permohonan kutipan kedua akta perkawinan secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan kutipan kedua akta perkawinan;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk kutipan kedua akta perkawinan dan catatan pinggir pemohon melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa kutipan kedua akta perkawinan dan catatan pinggir yang sudah ber-TTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa kutipan kedua akta perkawinan dan catatan pinggir yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa kutipan kedua akta perkawinan dan catatan pinggir melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Perubahan Nama pada Akta Perkawinan
  1. Pemohon mengajukan permohonan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk perubahan nama akta perkawinan melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa catatan pinggir akta perkawinan yang sudah ber-TTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa catatan pinggir akta perkawinan yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa catatan pinggir akta perkawinan melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Pelaporan Peristiwa Perkawinan di Luar Negeri
  1. Pemohon mengajukan permohonan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri melalui aplikasi dan Prosedur KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa surat keterangan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri yang sudah ber-TTE dari SIAK;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa surat keterangan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa surat keterangan pelaporan peristiwa Perkawinan di luar negeri melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.
  • Surat Keterangan Belum/Sudah/Pindah Menikah
  1. Pemohon mengajukan surat keterangan belum / sudah / pindah menikah secara mandiri;
  2. Pemohon menggunggah dokumen persyaratan dalam bentuk 1 pdf pada aplikasi KLAMPID;
  3. Pemohon melakukan validasi permohonan pada aplikasi KLAMPID;
  4. Pemohon menerima dan mencetak ekitir sebagai tanda bukti pengurusan pelayanan surat keterangan belum / sudah / pindah menikah;
  5. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas permohonan di aplikasi KLAMPID;
  6. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan validasi terhadap permohonan dengan mencatatkan di database SIAK;
  7. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya melakukan pengajuan TTE untuk surat keterangan belum / sudah / pindah menikah melalui aplikasi KLAMPID;
  8. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunduh dokumen kependudukan berupa surat keterangan belum / sudah / pindah menikah yang sudah ber-TTE dari KLAMPID;
  9. Petugas registrasi Disdukcapil Kota Surabaya mengunggah dokumen kependudukan berupa surat keterangan belum / sudah / pindah menikah yang sudah ber-TTE ke aplikasi KLAMPID;
  10. Pemohon mengunduh dan mencetak dokumen kependudukan ber-TTE berupa surat keterangan belum / sudah / pindah menikah melalui aplikasi KLAMPID dengan menggunakan kertas HVS A4 80gram.

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.


Biaya

Tanpa dipungut biaya (Gratis)


Penanganan Pengaduan

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan dengan prosedur :
1. Datang Langsung;
Pengunjung langsung konsultasi dengan petugas
2. E-mail;
Pengunjung langsung mengirim pengaduan tertulis melalui e-mail : dis_dukcapil@surabaya.go.id
3. Call Center;
Warga dapat menghubungi melalui nomor telepon 031-99254200
4. Website;
Warga bisa langsung mengirim pengaduan tertulis melalui website di aplikasi KLAMPID – menu pengaduan online atau bisa mengakses link : https://dukcapilsapawarga-dispendukcapil.surabaya.go.id/